MENYIKAPI MAKNA SHOLAT


sholat merupakan rukun Islam yang ke-2. sholat ada yang fardlu dan ada juga yang sunnah. sholat fardlu terdiri atas 5 waktu yaitu subuh, dzuhur, ashar, maghrib, dan isya’. sedangkan sholat sunnah sangat banyak seperti sholat dhuha, tahajud, hajat, istikharah, dll.
sholat fardlu hukumnya fardlu berarti di atas wajib. itu semua karena merupakan kebutuhan rohani kita untuk kehidupan di akhirat nanti. Allah memberikan hukum fardlu tersebut karena merupakan sifat kasih sayang Allah kepada umat manusia. karena sebenarnya yang butuh bukan Allah, tapi manusianya itu sendiri.
sholat juga merupakan tanda bahwa orang itu menyembah kepada Allah dan juga agar selalu ingat kepada Allah dan melatih kita dalam banyak hal. sholat juga dapat membuat diri kita menjadi sehat dan cerdas, karena gerakan sholat yang baik dan seperti olah raga. contohnya saja seperti rukuk dan sujud, ketika rukuk dan sujud diperintahkan untuk lama. dalam kesehatan ketika sedang rukuk, maka dapat mengencangkan tulang belakang yang tidak lurus karena nungkin sering mengangkat beban yang cukup berat. dalam sujud, dapat menambah dan memperlancar suplay darah dan oksigen ke otak sehingga dapat berpikir jernih.
setelah kita melakukan sholat dalam bentuk 5 waktu dan yang sunnah, kita juga harus sholat lagi atau mengaplikasikan gerakan dan bacaan sholat tersebut dalam kehidupan sehari-hari. contohnya, ketika takbiratul ikhram kita mengangkat tangan itu menandakan bahwa kita harus selalu tawakkal kepada Allah setelah kita berusaha, menengok ke kanan dan ke kiri setelah tahkhiyat akhir menandakan bahwa kita harus selalu tolong menolong kepada sesama manusia atau melihat tetangganya yang sedang dalam kesusahan dan menolongnya.
sekian dari saya. marilah kita selau sholat karena Allah dan bukan karena keterpaksaan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s